UST.MUHAMMAD R. FALAH "Keutamaan Doa Lantang dan Lembut" KAJIAN KITAB DURRATUN NASIHIN

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarokaatuh.

KAJIAN KITAB RUTIN DURRATUN NASIHIN Ini dirangkum dan disampaikan di MAJELIS TA'LIM AL-ISTIQOMAH SETIAP MALAM JUM'AT OLEH GURU TERCINTA
Ustad MUHAMMAD R. FALAH

   Kajian kitab Durratun Nasihin
Bab Keutamaan Doa lantang dan lembut
Q.s Al-A'raf : 55

اُدْعُوْا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَّخُفْيَةً ۗاِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِيْنَۚ

Artinya:"Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas".

*Berdoa dengan rendah hati dan suara rendah karena hal tersebut cenderung kepada keikhlasan hati,melampaui batas dalam berdoa atau lainnya seharusnya orang yang melakukan doa itu tidak meminta yang tidak layak untuk dirinya seperti apa yang dilakukan para nabi yaitu naik keatas langit atau berlebihan dalam berdoa seperti berteriak dan doa yang panjang.
Nabi mengajurkan agar tidak berlebihan dalam berdoa cukup meminta"Ya Allah aku meminta surgaMu dan apa-apa yang mendekatkan kepadanya dari perkataan dan perbuatan dan aku berlindung kepadaMu dari neraka dan apa-apa yang mendekatkan kepadanya (sesuatu perbuatan yang mendekatkan kepada neraka),sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.

Dari Umaiyah bin Kholid bin Abdullah bin Asad
"Sesungguhnya Rasulullah meminta kemenangan dan keberuntungan atas orang-orang kafir dari Allah yakni dengan doanya orang fakir dan miskin dari kaum muhajirin.
Rasulullah berdoa:"Ya Allah bantulah kami atas musuh dengan barokah hambaMu yang fakir".
Ini menunjukkan bahwasanya Allah menyukai orang fakir yang berdoa dan berkah dengan keberadaan mereka.

#Keadilan dunia akan tegak dengan 4 hal yaitu:
1.Ilmunya ulama
2.Adilnya Umaro(penguasa)
3.Kedermawanan orang kaya
4.Doanya orang fakir
*Kalau tidak karena adanya ilmunya ulama maka hancurlah orang-orang bodoh,kalau tidak adanya keadilan Umaro maka manusia akan menghancurkan manusia lainnya sebagaimana serigala memakan kambing, kalau tidak adanya kedermawanan orang kaya maka hancurlah orang fakir dan kalau tidak adanya doanya orang fakir maka seolah-olah langit dan bumi runtuh (roboh).

Rasulullah bersabda ada 3 doa yang mustajab dan tidak diragukan didalamnya yaitu:
1.Doanya Bapak kepada anaknya
2.Doanya musafir
3.Doanya orang yang dizolimi
Rasulullah menganjurkan agar kita waspada terhadap doanya orang yang dizolimi karena antara dia dan Allah tidak ada penghalang.
Allah tidak akan menghilangkan hak mu dan menolak doamu meski sudah berlalu karena sesungguhnya Allah maha penyantun dan tidak langsung menghukum hambanya tetapi Allah menunggu dia bertaubat kepada-Nya.

*Didalam kitab ini diceritakan sesungguhnya ada Ulama besar yaitu Mansyur bin Amar ketika menasehati orang-orang.
Beliau berkata:"Barangsiapa yang memberikan 4 dirham kepadaku maka akan aku berikan 4 doa kepadanya.
Tiba-tiba ada seorang budak berkulit hitam mengacungkan tangan dan memberikan uangnya(padahal uang tersebut milik tuannya dan tuannya seorang Yahudi) seraya berkata:"wahai Syaikh saya berikan 4 dirham ini untukmu asalkan doakan saya dengan 4 hal yaitu:
1.Saya seorang budak maka doakan supaya saya bebas
2.Tuanku seorang Yahudi maka doakan tuanku masuk Islam
3.Saya fakir maka doakan aku supaya Allah membuat saya kaya
4.Doakan saya supaya Allah mengampuni dosa-dosa saya
Akhirnya sang Syaikh mendoakannya kemudian si budak pun pulang kerumah dan menceritakan apa yang terjadi kepada tuannya.Tiba-tiba sikap tuanya itu berbeda dan berkata aku sekarang memerdekakanmu dan sekarang aku bersaksi tiada tuhan selain Allah dan aku bersaksi nabi Muhammad utusan-Nya,aku berikan kekuasaan kepada mu atas hartaku dan karena Allah itu maha pengampun maka Allah mengampuni dosa mereka berdua (untuk menjawab doa ke 4).
Dikatakan bahwasanya doa itu menjadi sebab yang kuat diangkatnya keburukan dan tercapainya cita-cita.

*Sumber dalam kitab ini
Penghalang tidak terkabul nya doa disebabkan karena 5 hal yaitu:
1.Lemahnya hati dan tidak menerimanya keputusan Allah
2.Makan barang haram(sesuatu makanan ataupun barang yang didapatkan dengan cara yang haram)
3.Orang yang dzolim
4.Bergelimang dosa
5.Lalai dan menuruti hawa nafsu

Sekian yang bisa kami bahas semoga akan menjadi ladang ilmu untuk kita semua wasallam Alaikum WR. WB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEUTAMAAN ILMU KITAB "DURRATUN NASIHIN"(UST MUHAMMAD R. FALAH)

Ust. Muhammad R. Falah "Keutamaan Menangis Karena Allah" Kitab Durratun Nasihin

UST MUHAMMAD R. FALAH kajian kitab Khosoisul Ummatil Muhammadiyah Bab Melepas atau menghapus beban berat