UST.MUHAMMAD R. FALAH "FADHILAH BERPUASA 6 HARI DIBULAN SYAWAL" Kajian Kitab Durratun Nasihin

Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarokaatuh.

KAJIAN KITAB RUTIN DURRATUN NASIHIN INI DIRANGKUM DAN DISAMPAIKAN di MAJELIS TA'LIM AL-ISTIQOMAH SETIAP MALAM JUM'AT OLEH GURU TERCINTA
Kajian kitab Durratun Nasihin
BAB
FADHILAH BERPUASA 6 HARI DIBULAN SYAWAL
QS. Al-An'am Ayat 160

مَنْ جَاۤءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهٗ عَشْرُ اَمْثَالِهَا ۚوَمَنْ جَاۤءَ بِالسَّيِّئَةِ فَلَا يُجْزٰٓى اِلَّا مِثْلَهَا وَهُمْ لَا يُظْلَمُوْنَ

Artinya:Barangsiapa berbuat kebaikan mendapat balasan sepuluh kali lipat amalnya. Dan barangsiapa berbuat kejahatan dibalas seimbang dengan kejahatannya. Mereka sedikit pun tidak dirugikan (dizalimi).

*Keterangan ayat diatas:
Allah melipat gandakan 10 kebaikan semisalnya dan Allah tidak mendzolimi atau tidak merugikan manusia dengan mengurangi pahala dan menambah siksa Allah maha adil atas segala sesuatu.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu dan Abu Ayyub Radhiyallahu
Nabi shalallahu 'alaihi wa salam bersabda:
"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dan diikuti oleh puasa Sunnah 6 hari pada bulan Syawal adalah seperti berpuasa sepanjang tahun."
Dan itu sejalan dengan firman Allah SWT :

مَنْ جَاۤءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهٗ عَشْرُ اَمْثَالِهَا
Artinya:Barangsiapa berbuat kebaikan mendapat balasan sepuluh kali lipat amalnya.

Karena 1 tahun =360 hari(pembulatan)
Puasa Ramadhan selama 30 hari=300 hari(1×10=10),(30×10=300)
Maka tersisa 60 hari karena sesungguhnya puasa Sunnah 6 hari pada bulan Syawal=60 hari(1×10=10),(6×10=60)
Sehingga sempurnalah 1 tahun puasa Ramadhan 30 hari ditambah puasa Sunnah Syawal 6 hari sama dengan 360 hari.

Dari Riwayat Sofyan shauri dalam kitab ini:
"Saya berada di Mekkah selama 3 tahun dan saya bertemu kenalan yang menjadi teman baik dia selalu pergi ke Baitul haram pada waktu dhuhur untuk melakukan thofaf dan sholat di sekeliling Ka'bah.suatu hari dia menderita sakit dan memanggil saya seraya berkata jika aku mati mandikanlah jenazahku,sholatkanlah dan menginaplah selama 1 malam diatas kuburanku Talqin aku dengan tauhid iya saya(Sofyan shauri) menyetujui nya.
Ketika saya bermalam di atas kuburannya saya bermimpi dan seraya ada yang berkata:"wahai Sofyan shauri tidak perlu bagimu menjaga kuburannya sampai seperti ini."
Saya(Sofyan shauri)bertanya: "Lantas dengan apa agar bisa selamat dari siksa kubur?
Dia(Suara dalam mimpi) berkata:"Yaitu dengan berpuasa dibulan Ramadhan ditambah berpuasa 6 hari dibulan syawal(puasa Sunnah).
Lalu saya bangun dan saya tidak melihat ada seorangpun memanggilku ternyata saya bermimpi.lalu saya berwudhu kemudian sholat dan saya tertidur lagi dan bermimpi hal yang sama sampai 3 kali saya yakin mimpi ini dari Allah bukan dari syaitan sehingga saya berdoa:"Ya Allah berikanlah saya tofik untuk berpuasa dibulan Ramadhan dan berpuasa Sunnah 6 hari dibulan Syawal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEUTAMAAN ILMU KITAB "DURRATUN NASIHIN"(UST MUHAMMAD R. FALAH)

Ust. Muhammad R. Falah "Keutamaan Menangis Karena Allah" Kitab Durratun Nasihin

UST MUHAMMAD R. FALAH kajian kitab Khosoisul Ummatil Muhammadiyah Bab Melepas atau menghapus beban berat